HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN SUAMI KEPADA IBU BALITA DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU ( Studi Kasus : Desa Margo Mulyo, Kecamatan Pondok Kubang , Kabupaten Bengkulu Tengah )

Hayatika, Tina and Sunaryanto, Hery and Himawati, Ika Pasca (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN SUAMI KEPADA IBU BALITA DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU ( Studi Kasus : Desa Margo Mulyo, Kecamatan Pondok Kubang , Kabupaten Bengkulu Tengah ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Tina tanggal 27 09 2021 (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak. Ada banyak fakta yang membuktikan bahwa masih belum optimalnya kunjungan ke posyandu di desa Margo Mulyo. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bengkulu terdapat 214 posyandu yang tersebar di Kabupaten Bengkulu Tengah, 36 diantaranya adalah posyandu aktif. Dari laporan tentang keaktifan kegiatan posyandu di Kabupaten Bengkulu Tengah diketahui bahwa desa Margo Mulyo merupakan desa dengan tingkat kunjungan yang tidak mencapai sasaran. Berdasarkan fakta yang didapat dari data capaian kunjungan ke posyandu desa Margo Mulyo rata-rata kunjungan posyandu hanya mencapai 24% dari jumlah total balita yang ada, seharusnya capaian kunjungan bisa mencapai minimal 75% dari total jumlah balita yang ada sesuai dengan aturan Nasional dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan dukungan suami kepada ibu balita dengan keaktifan kunjungan balita ke posyandu. Penelitian ini menggunakan mentode kuantitatif serta teori pendudukung sebagai alat analisisnya yaitu teori Fungsional Struktural. Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan dukungan suami kepada ibu balita dengan keaktifan kunjungan balita ke posyandu digunakan uji Kolerasi Pearson Product Moment serta sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang.Tehnik penentuan sampel yang digunakan adalah tehnik Random Sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tingkat pendidikan berkolerasi positif dengan keaktifan kunjungan balita ke Posyandu dengan hasil r- hitung lebih besar dibandingkan r�tabel (0,465>0,207). Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin aktif ibu membawa balitanya ke posyandu . Hasil yang sama diperoleh bahwa dukungan suami kepada ibu balita berkolerasi positif dengan keaktifan kunjungan balita ke Posyandu dengan hasil r- hitung lebih besar dibandingkan r- tabel (0,511>0,207). Artinya semakin baik dukungn suami maka semakin aktif ibu membawa balitanya ke posyandu. Hasil perhitungan nilai korelasi diperoleh hasil bahwa secara bersama�sama tingkat pendidikan dan dukungan suami kepada ibu balita berkolerasi positif dengan keaktifan kunjungan balita ke Posyandu dengan hasil uji korelasi berganda menunjukkan hasil hitung lebih besar dibandingkan harga kritis yaitu 0,614>0,207 . Dengan kata lain ada hubungan antara tingkat pendidikan dan dukungan suami kepada ibu balita dengan keaktifan kunjungan balita ke Posyandu artinya semakin baik tingkat pendidikan dan dukungan suami kepada ibu balita dalam melakukan kunjungan balita ke posyandu maka semakin aktif ibu membawa balitanya melakukan kunjungan ke posyandu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:31
Last Modified: 06 Dec 2021 14:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item View Item