IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA TAHUN 2020 DI DESA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Saputra, Agta Yudi and Reoliana, Loesida and Suratman, Suratman (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA TAHUN 2020 DI DESA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AGTA YUDI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu program bantuan sosial Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek yang diteliti pada penelitian ini adalahtepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target,tepat lingkungan, tepat proses.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek tepat kebijakan, dalam hal ini penerapan perda. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa untuk Impementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah sudah sesuai dengan masalah- masalah yang hendak di pecahkan.Aspek tepat pelaksanaan, dalam hal ini Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengahsudahsesuai dengan yang direncanakan. Tepat Target, dalam hal ini bahwa dilapangan sudah sesuai dengan yang direncanakan. Tepat Lingkungan, berkaitan dengan peran pegawai terhadap penerapan Perda Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Biro Umum dalam hal ini masih sangat kurangnya kesadaran pegawai untuk menegur pegawai lain yang merokok dan juga rasa segan untuk menegur sesama perokok, padahal untuk menegur pegawai yang merokok mereka di lindungi oleh Pasal 15 ayat 1-2 tentang Peran Masyarakat dalam perda tersebut. Tepat Proses, aspek ini berhubungan dengan Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengahsudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:31
Last Modified: 06 Dec 2021 14:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item