STRATEGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI PROVINSI BENGKULU (Studi Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu)

Pascal, Galelea and Roeliana, Loesida and Suratman, Suratman (2021) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI PROVINSI BENGKULU (Studi Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pascal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa program BPJS Ketenagakerjaan di Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa program BPJS Ketenagakerjaan di Provinsi Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan teknik pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling (Sampel Bertujuan). Terdapat 4 (empat) aspek penelitian yang peneliti ambil berdasarkan menurut (Kasmir, 2004) meliputi 4P yaitu: product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran dalam upaya peningkatan jumlah peserta pengguna jasa program BPJS Ketenagakerjaan di Provinsi Bengkulu menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Dalam strategi produk BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu lebih mengedepankan mutu dan manfaat dari programnya serta memaksimalkan pelayanan, strategi harga BPJS Ketenagakerjaan telah diatur dalam UU RI No. 24 Tahun 2011 setelah mendapat masukan dari BPJS bersama dengan asosiasi fasilitas kesehatan tingkat nasional dan daerah. Dalam strategi tempat BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu sudah cukup strategis dimana lokasinya berada di pusat kota. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu lebih menekankan kepada strategi promosi dengan memaksimalkan kegiatan promosi yaitu sosialisasi, berkolaborasi dengan pemerintah dan perbankan, memperluas chanel dan agen serta menggandeng kejaksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:33
Last Modified: 06 Dec 2021 14:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item