KUALITAS OPERASIONAL KARTU PELAKU UTAMA SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN (KUSUKA) DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus di Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu)

Yulianti, Hatica Diah and Santoso, Djonet and Hardayani, Yorry (2021) KUALITAS OPERASIONAL KARTU PELAKU UTAMA SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN (KUSUKA) DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus di Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HATICA DIAH YULIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kualitas Operasional Kartu Kusuka di bagi nelayan (aspek pemahaman program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan nyata) di Kota Bengkulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas program menurut Edy Sutrisno (2010) yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode yang digunakan dlam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpula data menggunkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menuji keabsahaan data yang didapat dilapangan maka dilakukan triangulasi sumber. Peneliti meggunakan teknik pemilihan triangulasi dengan teknik Purposive Sampling. Permasalahan dalam penelitian Kualitas Operasional Kartu Kusuka di Kota Bengkulu yaitu nelayan masih gagal memahami tentang kartu Kusuka untuk pemberdayaan dan perlindungan, sehingga kartu Kusuka terkesan tidak penting untuk nelayan, ketidak tepatan sasaran bantuan, waktu cetak kartu Kusuka yang tidak sesuai dikarenakan sistem terdata dari pusat, fasilitas dalam mndukung program masih kurang dan masih belum adanya kejelasan mengenai kegiatan lain dari program. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Operasional Kartu Kusuka di Kota Bengkulu berdasarkan variabel Efektivitas Opeasional Edy Sutrisno belum berjalan dengan baik dengan bukti masih belum tepat sasaran program bantuan, masih ada tujuan dan kegiatan program yang belum tercapai dan begitu juga dengan dampak dari program berupa meningkatkan kondisi nelayan setelah menerima bantuan program belum terlihat. Namun Kartu Kusuka cukup efektif pada variabel tercapainya tujuan yaitu pendataan nelayan. Kendala yang terjadi dalam program adalah kurangnya kejelasan bantuan untuk pelaksanaan Kartu Kusuka serta mengenai kegiatan�kegiatan program yang masih terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:33
Last Modified: 06 Dec 2021 14:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item