EFEKTIVITAS PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DALAM PENANGANAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH (Studi Kasus Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu)

Azana, Suci Tri and Tarigan, Jarto and Suratman, Suratman (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DALAM PENANGANAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH (Studi Kasus Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi SUCI TRI AZANA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dalam penanganan kawasan permukiman kumuh (studi kasus Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Wawancara, Obeservasi dan Dokumentasi. Aspek penelitian diadopsi dari teori Sutrisno dalam menentukan efektivitas program. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan dari pedoman pelaksanaan program Kotaku belum sesuai dengan pelaksanaan di lapangan. Dalam aspek pemahaman program masih terdapat infrastruktur yang telah dibangun namun belum terpelihara secara berkelanjutan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat. Selanjutnya, aspek tepat sasaran belum efektif karena masih terdapat masalah kumuh di kawasan tersebut yaitu belum adanya sarana persampahan yang menyebabkan masih adanya penumpukan sampah di area publik. Aspek tepat waktu sudah dikatakan efektif karena program telah dilaksanakan sesuai yang direncanakan yaitu selesai pada tahun 2019. Dalam aspek tercapainya tujuan belum efektif karena terdapat fasilitas yang mengalami kerusakan, serta masih terdapat masalah perkumuhan di area tersebut sehingga tujuan program KOTAKU yaitu terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan masih belum tercapai. Aspek selanjutnya perubahan nyata, belum adanya dampak perubahan perilaku seperti kesadaran masyarakat dalam ikut memelihara infrastruktur yang telah dibangun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:33
Last Modified: 06 Dec 2021 14:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item