STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA CAFÉ D’COFFEIN)

Warits, Badrani AL and Saragih, Rasianna Br. and Perdana, Dionni Ditya (2021) STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA CAFÉ D’COFFEIN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Badrani Al Warits (D1E017090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis Cafe D’Coffein dalam mempertahankan eksistensi usaha di masa pandemi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang diantaranya pemilik Cafe D’Coffein dan 4 orang konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi bisnis yang diterapkan oleh Cafe D’Coffein dalam mempertahankan eksistensi usahanya di masa pandemi Covid-19 dianalisis menggunakan teori marketing mix 4P, Dari strategi marketing mix yang dominan dalam mempertahankan eksistensi usaha D’Coffein ialah strategi produk dan promosi, karena konsumen cenderung lebih mementingkan kualitas produk dan pada masa pandemi covid-19 ini promosi melalui media sosial merupakan strategi yang efektif, untuk semakin memperluas jangkauan promosi D’Coffein menerapkan strategi event marketing yang memanfaatkan momen-momen perayaan tertentu seperti saat perayaan hari kemerdekaan, hari raya keagamaan dan lainnya. Adapun faktor pendukung dalam mempertahankan eksistensi D’Coffein adalah lokasi café yang strategis, dekorasi ruangan café yang berdesain modern, dan bahan baku produk Café D’Coffein yang berkualitas. Dan adapun hambatan yang dialami D’Coffein adalah kurangnya dan terbatasnya aktivitas pengunjung ke Café akibat kebijakan PSBB dan PPKM, sehingga D’Coffein tidak dapat memberikan pelayanan terbaik mereka secara langsung pada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:34
Last Modified: 06 Dec 2021 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item