PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA TAHUN PERTAMA DALAM PERKULIAHAN DARING (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Angkatan Tahun 2020 Universitas Bengkulu)

Ertanti, Luri and Yuliati, Yuliati and Indiarma, Verani (2021) PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA TAHUN PERTAMA DALAM PERKULIAHAN DARING (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Angkatan Tahun 2020 Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LURI ERTANTI D1E017081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses adaptasi dan interaksi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan tahun 2020 dalam perkuliahan daring dan dari proses tersebut akan mengetahui faktor yang mempengaruhi proses adaptasi dan interaksi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 dalam perkuliahan daring. Penelitian ini menggunakan teori pengurangan ketidakpastian dan teori pemrosesan informasi sosial. Penelitian ini penelitian kualitatif, data diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses adaptasi dan interaksi sosial mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2020 FISIP Unib melalui tiga Fase, yaitu fase masuk, fase pribadi dan fase keluar serta melalui beberapa tahapan yaitu manajemen kesan, diri sebenarnya, diri ideal dan diri seharusnya. Faktor pendukung proses adaptasi dan interaksi sosial perkuliahan daring yaitu paket data atau kuota, jaringan yang stabil, tempat yang nyaman, respon atau feedback dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat proses adaptasi dan interaksi sosial dalam perkuliahan daring yaitu sinyal atau jaringan yang tidak stabil, limit waktu perkuliahan, tidak dapat melihat ekspresi seseorang secara langsung, tidak tepat waktu atau mengulur waktu perkuliahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:35
Last Modified: 06 Dec 2021 14:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23278

Actions (login required)

View Item View Item