PENGARUH PELATIHAN LOGIKA TERHADAP PERTIMBANGAN AUDIT (AUDIT JUDGMENT)

Kurniati Putri, Yesi and Lisa, Martiah Nila Puspita (2009) PENGARUH PELATIHAN LOGIKA TERHADAP PERTIMBANGAN AUDIT (AUDIT JUDGMENT). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
SKRIPSI Yesi Kurniati Putri-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan logika terhadap pertimbangan audit (audit judgment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode Quasi eksperimen. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 134 responden dan dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama yaitu 39 responden mahasiswa diberi treatment berupa pelatihan logika, kelompok kedua (mahasiswa yang sedang belajar audit), kelompok ketiga (mahasiswa yang sudah belajar audit) dan kelompok keempat (akuntan) tidak diberikan treatment. Data dikumpulkan dari kuesioner berupa 20 kasus sama seperti yang digunakan oleh Nelson dkk (2003). Hipotesis diuji dengan menggunakan alat analisis one- way anova (analysis of variance) pada program spss 12. Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan penelitian Nelson dkk. (2003). Hasil uji mengindikasikan bahwa kelompok 1 menunjukkan hasil yang lebih baik daripada ketiga kelompok lainnya. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok 4 dengan kelompok 2 dan 3, yang menunjukkan bahwa tanpa adanya pelatihan logika tidak akan meningkatkan kemampuan critical thinking seseorang. Kelompok 4 (Akuntan) memiliki tingkat keyakinan yang tinggi dalam melakukan proses audit dan memberikan penjelasan yang lebih mendalam daripada ketiga kelompok lainnya berdasarkan pengalaman yang dimiliki akuntan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 01:28
Last Modified: 29 Nov 2013 01:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item