MONITORING PENDETEKSI INTRUSI SERANGAN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN SNORT DAN TELEGRAM (STUDI KASUS : IDS PADA SERVER WEB)

HUSAMUDIN, AFIEF and Aan, Erlanshari and Coastera, Funny Farady (2020) MONITORING PENDETEKSI INTRUSI SERANGAN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN SNORT DAN TELEGRAM (STUDI KASUS : IDS PADA SERVER WEB). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
LAPORAN SKRIPSI AFIEF HUSAMUDIN G1a014036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Keamanan pada jaringan komputer adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Keamanan yang terjamin dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh serangan terhadap sistem keamanan jaringan tersebut. Pencegahan yang paling sering dilakukan terhadap serangan jaringan adalah dengan menempatkan seorang administrator, namun masalah akan timbul ketika administrator sedang tidak mengawasi jaringan, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diletakkanlah suatu sistem yaitu IDS (Intrusion Detection System) yang dapat mendeteksi aktifitas yang mencurigakan didalam jaringan dengan cara mengautomatisasikan fungsi kerja dari seorang administrator.Snort merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengetahui adanya intrusi. Paket-paket data yang melalui lalu lintas jaringan akan dianalisis terlebih dahulu. Paket-paket data yang terdeteksi sebagai intrusi akan memincu alert yang kemudian disimpan dalam file log.Dengan begitu, administrator dapat mengetahui intrusi yang terjadi pada jaringan komputer, serta adanya aplikasi instant messaging dapat membantu administrator untuk memperoleh pemberitahuan secara realtime salah satunya menggunakan aplikasi Telegram. Hasil dari penelitian ini adalah snort mampu mendeteksi intrusi serangan pada jaringan komputer dan sistem mampu mengirim alert dari snort ke administrstor melalui bot telegram secara real-time.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:41
Last Modified: 06 Dec 2021 14:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item