PEMASARAN PENGELOLA PARIWISATA LOKAL BAGI PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA DOMESTIK(Studi di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai Kota Bengkulu)

Monalisa, and Adhrianti, Lisa and Indiarma, Verani (2021) PEMASARAN PENGELOLA PARIWISATA LOKAL BAGI PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA DOMESTIK(Studi di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI MONALISA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Taman Wisata Alam merupakan wilayah konservasi yang memiliki peruntukan sebagai pariwisata maupun sarana rekreasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pariwisata lokal bagi peningkatan kunjungan wisata domestik di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pemasaran holistik yang terdiri dari pemasaran internal, pemasaran terpadu, pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial, dan hubungan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh pengelola ikut berpartisipasi dalam melakukan aktivitas pemasaran walaupun tidak terdapatnya divisi atau departemen khusus pemasaran. Adapun pemasaran terpadu pada produk cukup banyak dan menarik dengan harga yang terjangkau, pelayanan yang diberikan oleh pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang dan Pulau Baai dapat dikategorikan cukup baik, promosi yang dilakukan berupa periklanan. Pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial dikatakan sudah cukup baik karena aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola memberikan nilai tambah serta mengajak wisatawan melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup. dapat dikatakan kurang optimal karena pengelola tidak bekerja sama dengan pihak lain. Tetapi hubungan dengan wisatawan sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:06
Last Modified: 07 Dec 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item