POLA KOMUNIKASI MAHASISWA DENGAN DOSEN PADA KULIAH ONLINE(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu)

Siahaan, Paul Julianto and Yuliati, Yuliati and Indiarma, Verani (2021) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA DENGAN DOSEN PADA KULIAH ONLINE(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi PAUL (POLA KOMUNIKASI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi mahasiswa dengan dosen selama mengikuti kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan konsep computer mediated Communication (CMC) yang meliputi asynchronous communication dan synchronous communication.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi mahasiswa dan dosen pada kuliah online. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi dalam kuliah online yaitu pola komunikasi sekunder yang cenderung bersifat satu arah dan kurang interaktif. Komunikasi lebih didominasi oleh dosen sedangkan mahasiswa tidak berperan aktif dalam kuliah online tersebut yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga faktor fisik seperti jaringan dan juga kuota.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:06
Last Modified: 07 Dec 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item View Item