PENERAPAN ALGORITMA ANT COLONY UNTUK MENENTUKAN TITIK LOKASI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN TERDEKAT DI KOTA BENGKULU BERBASIS ANDROID

Yuastika, Erlia and Efendi, Rusdi and Erlansari, Aan (2020) PENERAPAN ALGORITMA ANT COLONY UNTUK MENENTUKAN TITIK LOKASI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN TERDEKAT DI KOTA BENGKULU BERBASIS ANDROID. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
LAPORAN SKRIPSI ERLIA YUASTIKA G1A015070 TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Mobilitas masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari semakin tinggi. Fasilitas pelayanan kesehatan tentunya menjadi sarana yang dibutuhkan oleh setiap orang, tetapi banyaknya orang kesulitan menemukan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dari lokasi mereka pada saat berada disuatu tempat. Sehingga kecepatan dalam mengambil keputusan fasilitas pelayanan kesehatan yang harus dituju menjadi lambat, apalagi pada saat kondisi mendesak yang harus dilakukan tindakan dan penanganan sesegera mungkin. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang, khususnya smartphone berbasis Android, dibuatlah Android apps pencari rute fasilitas pelayanan kesehatan terpendek sebagai bantuan kepada masyarakat untuk menentukan rute perjalanan ke fasilitas pelayanan kesehatan sehingga membuat waktu menjadi efisien. Skripsi ini mengimplementasikan algoritma Ant Colony untuk mendapatkan gambaran rute terpendek yang dapat ditempuh. Ant Colony sudah terbukti bisa menyelesaikan masalah Dari hasil pengujian, gambaran umum rute yang bisa dilalui dapat dilihat dengan jelas dan dibantu dengan tersedianya petunjuk arah ke masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan. KataKunci: Android, Ant Colony, Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Mobile GIS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:41
Last Modified: 06 Dec 2021 14:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item