Implementasi Steganografi Dengan Metode Least Significant Bit (LSB) Modifikasi 2-bit Untuk Menyembunyikan Data User Kedalam Gambar Pada Sistem Berbasis Website

HALOHO, FERMAN NATAMA and Efendi, Rusdi and Purwandari, Endina Putri (2020) Implementasi Steganografi Dengan Metode Least Significant Bit (LSB) Modifikasi 2-bit Untuk Menyembunyikan Data User Kedalam Gambar Pada Sistem Berbasis Website. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penggunaan kriptografi dalam website sudah sangat sering dilakukan, kelemahan dari kriptografi adalah hasil dari proses enkripsi aneh dan menimbulkan kecurigaan. Steganografi merupakan metode penyisipan pesan kedalam media seperti gambar, video, dan file lainnya. Implementasi steganografi LSB modifikasi 2-bit dalam website meningkatkan keamanan data dalam sistem. Pengujian imperceptibility pada sistem informasi berbasis LSB modifikasi 2-bit menunjukkan bahwa 81,5% stego-image tidak berubah secara kasat mata. Pengujian lainnya menunjukkan bahwa stego-image tidak mengubah ukuran gambar secara drastis dan data dalam stego-image dapat diambil kembali dengan tingkat akurasi 90%. Sistem informasi berbasis LSB modifikasi 2-bit dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Pengujian fungsional sistem dengan metode blackbox telah berhasil 100% dengan skenario yang dibuat. Kata kunci : kriptografi, enkripsi, steganografi, embedding, LSB modifikasi 2-bit, stego-image.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:41
Last Modified: 06 Dec 2021 14:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item