STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA CENTER DISKOMINFO KABUPATEN BENGKULU UTARA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sari, Shinta Febia and Yuliati, Yuliati and Perdana, Dionni Ditya (2021) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA CENTER DISKOMINFO KABUPATEN BENGKULU UTARA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI__SHINTA_FEBIA_SARI[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk Strategi Komunikasi Media Center Diskominfo kabupaten Bengkulu Utara dalam menyampaikan Informasi kepada Masyarakat, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi Media Center dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia informasi yang berfokus pada pemberitaan mengenai informasi pembangunan yang ada di kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan model strategi komunikasi menurut Anwar Arifin, bahwa dalam membuat sebuah perencanaan strategi komunikasi terdapat empat langkah yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, metapkan metode, seleksi dan penetapan media. Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Center menggunakan beberapa strategi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yaitu, menyajikan pemberitaan yang menarik, memanfaatkan media online dan membagikan link berita kepada media swasta dan media sosial pribadi tim Media Center. Kendala yang dialami Media Center dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terbagi menjadi dua faktor. Pertama faktor internal yaitu peralatan yang belum memadai serta anggaran untuk mempromosikan konten belum ada. Sedangkan faktor ekternalnya ialah kurangnya kesadaran masyarakat ataupun pemerintah dalam membantu menyebarluaskan informasi yang disampaikan Media Center.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:07
Last Modified: 07 Dec 2021 16:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item