FENOMENA BUDAYA POPULER PENGGUNA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Lestari, Sintia Ayu and Gushevinalti, Gushevinalti and Makrian, Andi (2021) FENOMENA BUDAYA POPULER PENGGUNA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SINTIA AYU LESTARI D1E017122 FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena budaya populer pengguna platform media sosial TikTok dikalangan mahasiswa Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz secara luas digunakan pada penelitian mengenai motif, tindakan dan makna. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Keterangan�keterangan ini didapat dari narasumber dengan memakai metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap 7 informan, pengamatan non-partisipan dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan melalui metode triangulasi sumber. Berdasarkan perincian masalah yang terkait dalam penelitian ini, lalu bisa ditarik kesimpulan bahwa, Fenomena budaya populer pengguna platform media sosial TikTok dikalangan mahasiswa Universitas Bengkulu telah menjadi budaya populer di semua kalangan termasuk mahasiswa. Dari penelitian yang telah peneliti lakukan ditemukan bahwa penggunaan aplikasi TikTok pada mahasiswa Universitas Bengkulu dapat dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu motif, makna,dan tindakan mahasiswa menggunakan TikTok. Motif mahasiswa menggunakan TikTok yaitu untuk mengisi waktu luang saat pandemi, membuat konten, mengikuti teman/trend, dan menjadi artis TikTok. Makna aplikasi TikTok bagi mahasiswa sebagai media special effects untuk mencari hiburan, menambah wawasan dan informasi. Sedangkan tindakan penggunaan aplikasi TikTok bagi mahasiswa Universitas Bengkulu adalah sebagai media untuk mengekspresikan diri/membuat konten video, dan sebagai media promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:07
Last Modified: 07 Dec 2021 16:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23330

Actions (login required)

View Item View Item