SISTEM PAKAR KLASIFIKASI PENENTUAN KELAS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN METODE PROBABILITAS BAYES BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS SLB NEGERI 1 BENGKULU SELATAN)

Aziza, Kurnia and Ernawati, Ernawati and Coastera, Funny Farady (2020) SISTEM PAKAR KLASIFIKASI PENENTUAN KELAS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN METODE PROBABILITAS BAYES BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS SLB NEGERI 1 BENGKULU SELATAN). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_G1A016073_KURNIAAZIZA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang lambat atau mangalami gangguan yang sangat sukar untuk berhasil di sekolah sebagaimana anak-anak pada umumnya sehingga membutuhkan penanganan khusus. Anak berkebutuhan khusus ini ada beberapa jenis yaitu tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras dan autis yang terbagi lagi menjadi beberapa kelas yaitu ringan, sedang, dan berat. Pada penelitian ini, penulis bermaksud merancang suatu program aplikasi penentuan kelas pada anak berkebutuhan khusus berbasis android yang mampu membantu para ahli dalam mendiagnosa/ mengklasifikasikan kelas pada anak berkebutuhan khusus beserta cara penanganannya. Aplikasi atau sistem ini menggunakan metode probabilitas bayes dengan bahasa pemrograman java pada android studio. Data yang digunakan diambil dari SLB Negeri 1 Bengkulu Selatan. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, aplikasi yang berbasis android menggunakan metode probabilitas bayes ini mampu mengklasifikasikan kelas pada anak berkebutuhan khusus dengan baik berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan anak. Rata-rata akurasi sistem dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala klinis dan hasil hasil pengujian dalam berbagai kondisi bernilai sekitar 87% dan tingkat akurasi tertinggi mencapai 96,66666667 %. Nilai tersebut dinilai cukup memuaskan karena mampu mencapai rata-rata kemampuan pakar dalam mengklasifikasikan penentuan kelas pada anak berkebutuhan khusus berdasarkan gejala klinis. Kata kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Penentuan Kelas ABK, Android Studio, Probabilitas Bayes

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:47
Last Modified: 06 Dec 2021 14:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item View Item