PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU)

ALAN, M. RAKA MAULANA and Johar, Asahar and Erlansari, Aan (2020) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
Laporan Akhir - M. Raka Maulana Alan (G1A015021).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Dalam proses penyusunan data untuk melengkapi pengisian borang akreditasi terdapat suatu kendala yaitu data yang diperlukan masih diambil dari berbagai sistem yang ada dan belum terintegrasi satu sama lain. Pengelolaan data calon mahasiswa baru, data akademik (bagian mahasiswa), dan data wisuda sudah menggunakan aplikasi berbasis web dan MySQL. Akan tetapi, pada data calon mahasiswa baru masih terdapat data yang tersimpan dalam bentuk sheet file. Penelitian ini dikembangkan data warehouse dengan sumber data yang berasal dari sistem akademik, wisuda online, dan registrasi mahasiswa baru. Proses extract, transform, load (ETL) dilakukan dengan menggunakan query. Proses extract dilakukan dengan mengekstraksi keseluruhan data yang berasal dari database sumber kemudian ditampung ke dalam array. Proses transform dilakukan dengan memilih kolom dan data yang akan dimuat. Proses load dilakukan dengan insert atau update data ke dalam tabel Data disimpan ke dalam tabel dimensi dan dalam bentuk rekap data ke dalam tabel fakta. Selanjutnya dibangun dashboard application berbasis web dengan bantuan operasi online analytical processing (OLAP) yang dapat menampilkan data sesuai dengan borang indikator pada tabel seleksi mahasiswa, tabel mahasiswa asing, tabel IPK lulusan, dan tabel masa studi lulusan program studi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, penelitian ini memiliki tingkat keberhasilan dengan proses ETL sebesar 100% berdasarkan data yang diuji. Pengujian sistem secara fungsional telah dilakukan menggunakan metode pengujian black box dan menghasilkan nilai 100% dengan berbagai macam skenario. Kata Kunci: data warehouse, nine step design method, OLAP, ETL, akreditasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:51
Last Modified: 06 Dec 2021 14:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item View Item