PERILAKU PENCARIAN INFORMASI SEBAGAI SUMBER PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OLEH GURU MAN 2 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG

Aji, Kurniawan and Darubekti, Nurhayati and Sa'diyah, Lailatus (2021) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI SEBAGAI SUMBER PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OLEH GURU MAN 2 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Informasi selalu menjadi komoditas yang dibutuhkan setiap orang secara luas. Karena ada kebutuhan, manusia perlu memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak metode yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka. Kita bisa mendapatkan informasi melalui pasar, sekolah, buku, majalah, perpustakaan dan tempat lainnya. Skripsi ini membahas perilaku pencarian informasi guru MAN 2 Kepahiang sebagai sumber Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi guru MAN 2 Kepahiang dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Peneliti menggunakan model Ellis yang terdiri dari delapan tahapan, untuk menganalisis perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh guru MAN 2 Kepahiang. Data dalam penelitian diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap lima informan penelitian yang telah ditentukan berdasarkan kriteria tertentu dan pengumpulan data melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh guru MAN 2 Kepahiang yaitu, perilaku informan sebelum pencarian informasi, perilaku informan saat pencarian informasi, dan perilaku informan pasca pencarian informasi. Temuan awal penelitian ini, informan memenuhi kebutuhan informasi lebih memprioritaskan untuk bertanya kepada sekitar lingkungan kerja atau kepada yang ahli, sedangkan sumber informasi yang paling sering digunakan informan adalah sumber informasi dari buku panduan, dan mesin pencarian seperti google. Adapun sebelum melakukan pencarian informasi yaitu dengan melihat dan mengkaji informasi terbaru sesuai kurikulum serta mempersiapkan beberapa catatan yang diperlukan sesuai dengan tema informasi yan dibutuhkan (starting), menghubungkan pencarian subjek yang diinginkan (chaining), melakukan penelusuran melalui buku dan internet (browsing), sumber informasi dipilih dan dibedakanberdasarkan informasi terpercaya (differentiating),selanjutnya perilaku terakhir yaitu pasca pencarian informasi melakukan pemantauan (monitoringi), perangkuman (extracting) , pemeriksaan (verifying), hingga tahap penyelesaian (ending).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Library
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:08
Last Modified: 07 Dec 2021 16:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23344

Actions (login required)

View Item View Item