ANALISA PERTUMBUHAN LUAS PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP DEFORESTASI BERBASIS WEB GIS (STUDI KASUS : BENGKULU – LAMPUNG)

Rivaldi, Muhammad and Vatresia, Arie and Ernawati, Ernawati (2020) ANALISA PERTUMBUHAN LUAS PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP DEFORESTASI BERBASIS WEB GIS (STUDI KASUS : BENGKULU – LAMPUNG). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
bismillah skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

naan lahan secara permanen. Faktor penyebab deforestasi di Indonesia tidak jauh berbeda dengan penyebab degradasi hutan, salah satunya adalah perluasan perkebunan kelapa sawit yang mana hutan alami sudah menjadi perkebunan kelapa sawit. Lahan kelapa sawit yang ditinggal menjadi semak belukar setelah masa panen 25 tahun. Disini tanah kehabisan nutrisi dan tumbuh rumput – rumput liar yang mudah terbakar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan luas perkebunan kelapa sawit yang ada di 2 provinsi yaitu, Bengkulu dan Lampung dari tahun 2013 sampai dengan 2018 menggunakan klasifikasi maximum likelihood. Maka hasil dari penelitian yang telah diolah dalam software arcgis yaitu dibagi menjadi 5 kelas, yaitu perkebunan kelapa sawit, hutan, permukiman, lahan kosong dan awan. Untuk pertumbuhan luas perkebunan kelapa sawit di provinsi Bengkulu dari tahun 2013 sampai dengan 2018 adalah seluas 657.696,15 hektar dan provinsi Lampung seluas 1.565.524,89 hektar. Kata kunci: Deforestasi, maximum likelihood, perkebunan kelapa sawit, arcgis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:51
Last Modified: 06 Dec 2021 14:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item