IMPELENTASI ALGORITMA GENETIKA DALAM MENENTUKAN TINGKAT CURAH HUJAN SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENENTUAN JENIS TANAMAN SAYURAN DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS: KEPAHIANG)

Mawaddah, Syifa and Andreswari, Desi and Efendi, Rusdi (2020) IMPELENTASI ALGORITMA GENETIKA DALAM MENENTUKAN TINGKAT CURAH HUJAN SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENENTUAN JENIS TANAMAN SAYURAN DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS: KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Syifa Mawaddah G1A015078-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merancang dan membangun sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemrograman MATLAB. aplikasi ini memberikan informasi tentang prediksi curah hujan untuk menentukan jenis tanaman apa yang cocok ditanam pada curah hujan tersebut. Sehingga mengurangi dampak gagal panen terhadap para petani. Pada sistem ini yang pertama akan dilakukan yaitu perhitungan untuk mendapatkan prediksi curah hujan dengan Algoritma Genetika. Setelah mendapatkan hasil prediksi curah hujan, maka sistem akan menentukan jenis tanaman apa yang cocok ditanam pada curah hujan tersebut menggunakan Metode Certainty Factor (CF). Data yang akan digunakan dalam sistem ini untuk mendapatkan hasil prediksi curah hujan yaitu data dari BMKG dengan rentang tahun 2014-2017 dan data tanaman Kabupaten Kepahiang. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa nilai curah hujan, nilai fitness terbaik, grafik dan juga nilai CF (Certainty Factor) untuk tanaman yang paling cocok ditanam pada curah hujan tersebut. Kata Kunci : Curah Hujan, Jenis Tanaman, Algoritma Genetika, Certainty Factor, MATLAB.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:52
Last Modified: 06 Dec 2021 14:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23351

Actions (login required)

View Item View Item