Literasi Informasi Guru untuk Menunjang Kompetensi dalam Pengajaran kelas XII IPS Di SMA N 1 Kota Bengkulu

Marcinosa, Loriya and Purwaka, Purwaka and Samosir, Fransiska Timoria (2021) Literasi Informasi Guru untuk Menunjang Kompetensi dalam Pengajaran kelas XII IPS Di SMA N 1 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Literasi informasi ialah kemampuan dalam menganalisis kebutuhan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Literasi informasi sangat dibutuhkan dalam segala lingkungan kehidupan terutama dalam lingkungan sekolah. Bagi para siswa guru merupakan sumber informasi utama yang ada di sekolah. Kemampuan seorang guru dalam memilih sumber informasi sangat penting bagi peserta didiknya. Guru harus memiliki literasi informasi yang baik demi kelancaran kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah literasi informasi yang dimiliki oleh guru di SMA N 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. informan yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 3 orang yang merupakan guru yang mengajar di kelas XII IPS SMA N 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian bahwa guru SMAN 1 Kota Bengkulu sudah memiliki pemahaman yang baik terhadap literasi informasi. Hal tersebut dapat dilihat dari cara mereka memecahkan suatu permasalahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru SMAN 1 Kota Bengkulu sudah memiliki pemahaman yang baik terhadap literasi informasi. Dalam memecahkan suatu permasalahan guru di SMA N 1 kota bengkulu sudah melakukan langkah-langkah sesuai dengan standar literasi informasi. Seperti menentukan kebutuhan informasi, mengidentifikasi beberapa jenis sumber informasi, melakukan penelusuran informasi dengan menggunakan strategi penelusuran, menilai sumber informasi yang diperoleh dan guru dapat menggunakan dan bertukar informasi secara efektif dan efisien dengan menggabungkan informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang ada menjadi produk baru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Library
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:09
Last Modified: 07 Dec 2021 16:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item