PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMBUATAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN MANAJEMENStudi Kasus: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Devi, Tri Mas and Asep, and Sa'diyah, Lailatus (2021) PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMBUATAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN MANAJEMENStudi Kasus: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi (Tri mas devi D1B017030) lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa jurusan manajemen dalam pembuatan skripsi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu serta menjelaskan sejauh mana perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu mendukung mahasiswa jurusan manajemen dalam memenuhi kebutuhan informasi pembuatan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data penelitian telah dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu membutuhkan referensi dalam membuat skripsi yaitu koleksi skripsi hasil dari penelitian mahasiswa sebelumnya yang sesuai dengan tema penelianya dan koleksi buku yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan teori Guha dan didapatkan hasil yaitu:(Current need approach) semua informan menyatakan sesuai dengan pendekatan kebutuhan mutakhir, (Everyday need approach) sebagian diantara informan menyatakan sesuai dan sebagiannya tidak sesuai dengan pendekatan kebutuhan sehari-hari, (Exhaustic need approach) semua informan menyatakan sesuai dengan pendekatan kebutuhan mendalam, (Catching-up need approach) semua informan menyatakan sesuai dengan pendekatan kebutuhan yang ringkas dan lengkap. Ketersediaan koleksi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu termasuk dalam kategori sedang. Hal tersebut dapat diketahui, kemutakhiran koleksi yang tersedia di Perpustakaan UMB sudah cukup mutakhir, akan tetapi koleksi yang tersedia belum sepenuhnya relevan karena koleksi referensi jurnal, ensiklopedi dan kamus yang ada di perpustakaan UMB tidak sesuai dengan kebutuhan informasi mahasiswa jurusan manajemen dalam membuat skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Library
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:09
Last Modified: 07 Dec 2021 16:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

View Item View Item