PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENELITIAN LISTRIK DINAMIS PADA NANOSTRUCTURED LIPID CARRIER (NLC) BIJI KEBIUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Dwiarti, Evad and Johan, Henny and Sudaryono, Agus (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENELITIAN LISTRIK DINAMIS PADA NANOSTRUCTURED LIPID CARRIER (NLC) BIJI KEBIUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Evad D (27-9-2021).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengembangan modul IPA berbasis penelitian listrik dinamis pada Nanostructured Lipid Carrier (NLC) biji kebiul. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan langkah- langkah penelitian pengembangan menurut Thiagarajana meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (desseminate). Karena keterbatasan waktu penelitian inihanya dilakukan 3 tahap saja yaitu pendefinisian(define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi dan ahli media, respon guru dan peserta didik. Subjek penelitian uji coba terbatas sebanyak 23 orang kelas IX3 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Dari kegiatan pengembangan diperoleh produk modul pembelajaran IPA materi listrik dinamis beserta perangkatnya sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata kuat arus listrik disetiap kelompok perlakuan namun besarnya tidak signifikan yaitu (P0) 0,005688 A, (P1) 0,005875 A, (P2) 0,00725 A (P3)0,0065 A, (P4) 0,005875 A, (P5) 0,00475 A, (P6) 0,004875 A, dan (P7) 0,007125 A.Penggunaan ekstra kebiul dan Nanostructured Lipid Carrier (NLC) mampu meningkatkan aliran arus listrik dalam darah penderita hiperglikemia atau diabetes yang berfungsi untuk mengencerkan darah dan memecah molekul glukosa yang bergerak cepat dalam darah sehingga mudah diserap oleh sel untuk diubah menjadi energi dan pada akhirnya menyebabkan penurunan gula darah penderita diabetes.; (2) Karakteristik modul IPA listrik dinamis yang dikembangkan berbasis berpikir kritis dan research diantaranya misi, kompetensi, teori dasar, aktivitas dasar, sumber materi, dan karakter assesment. Karakteristik IPA listrik dinamis yang dikembangkan berbasis berpikir kritis dan research yang dikembangkan berisimasalah-masalah didukung oleh stimulus kegiatan berpikir kritis yang dapat dipecahkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fakta listrik dinamis;(3) Kelayakan modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan, dengan rata- rata penilaian validator yang didapatkan 85% dengankriteria sangat layak; (4) kemampuan berpikir kritis meningkat dengan nilai Ngain rata-rata 0,664 dengan kriteria sedang; (5) Respon guru dan peserta didik terhadap modul pembelajaran IPA dengan persentase rata-rata 89% kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:11
Last Modified: 07 Dec 2021 16:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item