STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH OLEH STARTUP DESAKUMUARAENIM PADA MASA PANDEMIC COVID – 19DI KABUPATEN MUARA ENIM

Irwansyah, Ade and Chalik, Alex Abdu and Setyanto, Johan (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH OLEH STARTUP DESAKUMUARAENIM PADA MASA PANDEMIC COVID – 19DI KABUPATEN MUARA ENIM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS ADE IRAWANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Pemberdayaan adalah suatu proses belajar untuk mencapai kemandirian. Melalui proses belajar maka masyarakat akan memperoleh kemampuan dan mencapai kemandirian secara bertahap sebagai bekal agar menjadi masyarakat yang kreatif, produktif, inovatif dan memiliki keterampilan agar mereka lebih mandiri, mampu meningkatkan kesejahteraan dan penghasilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah oleh Startup Desakumuaraenim pada masa pandemic Covid 19 di Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Objek penelitian adalah pelaku UMKM binaan Startup Desakumuaraenim. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari lima pelaku UMKM dan satu pengurus Startup Desakumuaraenim. Tehnik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan model interaktif dengan langkah-langkah : (1) Reduksi data, (2) display data, (3) Verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat berjalan secara bertahap yaitu penggalian potensi, pembinaan kualitas SDM pelaku UMKM dan pemberdayaan UMKM. Strategi yang dilakukan oleh Startup Desakumuaraenim dalam pemberdayaan UMKM binaan adalah dengan pendampingan untuk menjangkau akses permodalan, pendampingan mendapatkan legalitas usaha, pelatihan desain dan kemasan, pendampingan strategi pemasaran dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan pelaku UMKM mengenai teknik pemasaran online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pemberdayaan berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan serta kegiatan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan dalam pemasaran secara online bagi anggota UMKM binaan Startup Desakumuaraenim. Dalam pelaksanaanya terdapat berbagai faktor penghambat yang meliputi ilmu pengetahuan, karena ada beberapa pelaku UMKM yang masih gagap teknologi untuk mengetahui tentang sistem berwirausaha modern yang lebih mudah dan efisien, produk-produk hasil olahan dari UMKM binaan Startup Dersakumuaraenim pemasarannya masih dalam lingkup lokal yang terbilang lesu dan sepi. Saran penelitian ini adalah agar Startup Desakumuaraenim terus melakukan pemberdayaan UMKM agar tetap semangat dalam menjalankan usahanya, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan melalui visi “satu desa satu produk unggulan”.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:12
Last Modified: 07 Dec 2021 16:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item View Item