EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI BENGKULU DI KOTA BENGKULU

Hadi, Aripil and Chalik, Alex Abdu and Adhrianti, Lisa (2021) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI BENGKULU DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Mitigasi bencana adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana, melalui pembangunan secara fisik maeningkatan kemampuan masyarakat serta penyadaran dalam menghadapi ancaman bahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan tentang evaluasi implementasi Program Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bengkulu di Kota Bengkulu, yang dilihat dari: 1) Perencanaan dan pelaksanaan penataan ruang yang berdasarkan pada analisis risiko bencana, 2) Pengaturan pembangunan, pembangunan infrastruktur, dan tata bangunan, dan 3) Penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan, baik secara konvensional maupun modern. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan melihat dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan serta verifikasi. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini digunakan metode purposive sampling dengan informan pada penelitian ini sebanyak dua belas (12) orang. Berdasarkan hasil penelitian ditarik beberapa kesimpulan, yaitu: 1) Perencanaan dan pelaksanaan penataan ruang yang berdasarkan pada analisis risiko bencana khsusnya di Kota Bengkulu pada saat ini belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih disusunnya Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). 2) Pengaturan pembangunan, pembangunan infrastruktur, dan tata bangunan belum melaksanakan dengan maksimal khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Hal ini dibuktikan tidak terawatnya fasilitas mitigasi bencana di daerah rawan bencana khsuusnya di Kota Bengkulu serta tata bangunan yang masih belum seuaui degan penataan ruang. 3) Penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan, baik secara konvensional maupun modern belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan minimnya dukungan dana APBD serta seringnya rotasi jabatan di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:12
Last Modified: 07 Dec 2021 16:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23401

Actions (login required)

View Item View Item