ANALISIS KEPEDULIAN PELAKU USAHA TERHADAP PROGRAM PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE ( COVID-19)DI LOKASI WISATA PANTAI PANJANGKOTA BENGKULU

Dharma Putri, Eka Putri and Yunilisiah, Yunilisiah and Adhrianti, Lisa (2021) ANALISIS KEPEDULIAN PELAKU USAHA TERHADAP PROGRAM PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE ( COVID-19)DI LOKASI WISATA PANTAI PANJANGKOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS EKA_S2_UNIB 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kepedulian pelaku usaha disekitar lokasi wisata adalah hal penting dan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisata dan merupakan salah satu penyebab ramainya lokasi pariwisata. Apalagi di tengah situasi pendemi covid 19 telah mengakibatkan masyarakat berpikir beberapa kali untuk mengunjungi lokasi wisata, yang notabene akan berdampak bagi juga bagi masyarakat disekitar lokasi wisata. Pendemi yang telah berlangsung sangat lama ini menyebabkan Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk mengatasi keadaan terutama sektor pariwisata agar tidak menjadi semakin terpuruk, wacana new normal didengungkan, dimana di era new normal masyarakat diharapkan kembali beraktifitas seperti biasa dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan atau program pencegahan covid-19. Gayungpun bersambut, wacana ini di sambut baik oleh masyarakat, mereka yang tadinya berdiam diri dan melakukan segala aktifitas di rumah, mulai menyusun rencana untuk melakukan aktifitas diluar rumah, termasuk salah satunya adalah kunjungan wisata. Tetapi situasi pendemi yang belum mereda menyebabkan kekhawatiran sebagian besar masyarakat, dimana di khawatirkan objek wisata dan masyarakat termasuk para pelaku usaha disekitar lokasi wisata tidak mematuhi protokol kesehatan, ini tentunya akan berdampak negatif terhadap para wisatawan. Untuk itu perlu dilihat sejauh mana kepedulian pelaku usaha di sekitar lokasi wisata, Persepsi kepedulian pelaku usaha disekitar lokasi pariwisata sangat dibutuhkan guna mengetahui apakah kepedulian mereka berdampak terhadap terbebasnya lokasi wisata dari klaster baru Covid-19.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi kepedulian pelaku usaha terhadap program pencegahan covid-19 di sekitar lokasi wisata pantai panjang Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah survey dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analitis dengan menggunakan perhitungan secara kuantitatif. Deskriptif analitis adalah suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, Sedangkan penelitian survei dapat juga dinyatakan sebagai usaha pengamatan untuk mendapatkan keterangan-keterangan yang jelas terhadap suatu masalah tertentu dalam penelitian. Kuesioner yang diperoleh dari 40 informan kemudian diolah dengan menggunakan alat ukur skala likert 5 untuk melihat persepsi pelaku usaha. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa rata-rata kepedulian para pelaku usaha berada pada kriteria penilaian cukup sering, ini artinya pelaku usaha cukup peduli terhadap program pencegahan covid-19 di lokasi wisata pantai panjang Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:12
Last Modified: 07 Dec 2021 16:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item View Item