KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMBIMBING KEMASYARAKATAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DALAM PROSES PENDAMPINGAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II BENGKULU

Joyo, Rupian and Yunilisiah, Yunilisiah and Setiyanto, Agus (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMBIMBING KEMASYARAKATAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DALAM PROSES PENDAMPINGAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS RUPIAN JOYO, SH., MH NPM D2A020001 FISIP KESEJAHTERAAN SOSIAL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal adalah pesan yang dikirmkan oleh seseorang kepada orang lain dengan efek pesannya secara langsung, baik secara verbal maupunnonverbal. Masalah dalam penelitian ini: Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) merasa kurang percaya diri dan merasa minder serta merasakan adanya perbedaan status dalam hal kesetaraan dengan lawan bicaranya terutama kepada Pembimbing Kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi Interpersonal Pembimbing Kemasyarakatan pada Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) dalam proses Pendampingan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Bengkulu. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Informan dipilih sebanyak 10 orang Pembimbing Kemasyarakatan dan 10 orang Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), ditentukan dengan teknik purposif (bertujuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Komunikasi Interpersonal Pembimbing Kemasyarakatan kepada Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) dilakukan melalui pendampingan dan pembuatan laporan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) dimulai dari pra adjudikasi dan adjudikasi guna agar Anak mendapatkan perlakuan hukum yang adil sehingga memenuhi keadilan restoratif. Komunikasi Interpersonal Pembimbing Kemasyarakatan kepada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) telah memenuhi unsur-unsur: Keterbuakaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap positif, dan Kesetaraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:13
Last Modified: 07 Dec 2021 16:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item