PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MELALUI KEGIATAN PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA (P2K2)DI KELURAHAN BERINGIN RAYA KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Andini, Susy Mulyani and Chalik, Alex Abdu and Setiyanto, Agus (2021) PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MELALUI KEGIATAN PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA (P2K2)DI KELURAHAN BERINGIN RAYA KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Susy Mulyani Andini 3.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perubahan perilaku adalah proses perubahan yang dialami manusia berdasarkan apa yang telah dipelajari, entah itu dari peran pranata keluarga, teman, lingkungan, atau dari diri mereka sendiri. Proses perubahan tersebut sangat ditentukan oleh kondisi dan kebutuhan orang tersebut. Bentuk perubahan perilaku sangat bervariasi, sesuai dengan konsep yang digunakan para ahli dalam pemahaman terhadap perilaku. Menurut WHO (World Health Organization), dikelompokan menjadi tiga (Notoatmodjo, 2007), yaitu 1) Perubahan Alamiah, 2) Perubahan terencana, 3) Kesiapan perubahan. Modul P2K2 merupakan modul pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan keterampilan hidup dengan focus utama di bidang ekonomi, pendidikan, dan pengasuhan anak, kesehatan, perlindungan anak dan kesejahteraan sosial. Modul P2K2 disampaikan kepada KPM dengan memperhatikan kebutuhan KPM (buku panduan P2K2 kemensos). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana Perubahan Perilaku Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan melihat dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan serta verifikasi. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini digunakan metode purposive sampling dengan informan pada penelitian ini sebanyak sepuluh (7) orang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perubahan perilaku yang di harapkan dari Keluarga Penerima Manfaat di Keluharan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu belum mendapatan hasil yang maksimal ini di karenakan tidak semua Keluarga Penerima Manfaat menyadari akan penting nya Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga yang di laksanakan satu bulan sekali, dengan ketidakhadiran Keluarga Penerima Manfaat dalam pertemuan bulanan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:13
Last Modified: 07 Dec 2021 16:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item