ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERINOMOR 19 TAHUN 2016 : Studi di BPKAD Kota Bengkulu

Erawan, Dedy and Aminudin, Achmad and Tarigan, Jarto (2021) ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERINOMOR 19 TAHUN 2016 : Studi di BPKAD Kota Bengkulu. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Dedy Erawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengelolaan aset tetap pada Pemerintah Kota Bengkulu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah,2)Untuk mengetahui Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan aset tetap pada Pemerintah Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama mendeskripsikan atau melukiskan secara terperinci dan mendalam mengenai pengelolaan aset tetap berdasarkan permedagri No.19 tahun 2016 : studi di BPKAD KotaBengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Purvosive Sampling dari Miles dan Huberman yang meliputi tahap Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Pengelolaan Aset Tetap/Barang Milik Daerah yang dilakukan oleh bidang aset pada badan pengelola keuangan dan aset daerah sebagai pembantu pengelola telah melakukan dengan maksimal sesuai dengan sistem prosedur siklus pengelolaan barang milik daerah sebagaimana yang di atur dalam Permendagri No.19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah akan tetapi belum semua terlaksana maksimal seperti keterlambatan penyampaian laporan pada tingkat pengguna barang (OPD), pemanfaatan barang milik daerah BPKAD Kota Bengkulu hanya sebatas pada pemanfaatan pinjam pakai, pengamanan yang dilakukan BPKAD Kota Bengkulu tidak melakukan pengamanan hukum.2. Beberapa kendala atau faktor penghambat yang ditemui dalam pelaksanaan siklus pengelolaan barang milik daerah adalah faktor SDM karena perlunya pengetahuan dan pemahaman SDM dalam pengelolaan aset tetap, komitmen pemimpin karena perlunya kekonsistenan struktur organisasi yang ditetapkan pemimpin dan perlunya perhatian atau ketegasan seorang pemimpin dan faktor penilaian aset juga merupakan hal yang manjadi kendala, terutama penilaian aset yang tidak diketahui pengadaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 07 Dec 2021 16:13
Last Modified: 07 Dec 2021 16:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item View Item