PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAANPERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA KECAMATAN URAM JAYA KABUPATEN LEBONG(Studi : di Desa Pangkalan dan Desa Kota Agung)

Jaya, Iwan Jang and Suharto, Sugeng and Hakim, Kahar (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAANPERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA KECAMATAN URAM JAYA KABUPATEN LEBONG(Studi : di Desa Pangkalan dan Desa Kota Agung). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Iwan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaanpembangunan di Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong; 2) mendeskripsikan dan menganalisis partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama mendeskripsikan atau melukiskan secara terperinci dan mendalam mengenai partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Purvosive Sampling dari Miles dan Huberman yang meliputi tahap Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Proses perencanaan pembangunan belum dilaksanakan dengan baik di Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong, dimana: a) beberapa tahapan proses perencanaan pembangunan di masing-masing desa belum dilaksanakan, diantaranya tahapan persiapan dan tahapan pembahasan kegiatan/penetapan prioritas kegiatan yang akan disampaikan ke tingkat musrenbang Kecamatan, seperti Desa Pangkalan dan Desa Kota Agung; b) Di tingkat Musrenbang Kecamatan beberapa tahapan proses perencanaan pembangunan belum dilaksanakan, terutama pada tahapan dimana masyarakat belum dilibatkan memutuskan prioritas kegiatan yang akan diajukan ke tingkat Kabupaten. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong masih rendah. Untuk itu perlu penyempurnaam tahapan pelaksanaan perencanaan partisipatif, mengoptimalkan kegiatan identifikasi masalah dan kebutuhan masyarakat, dan perlu peningkatan pemahaman perangkat desa/kecamatan, unsur pembangunan dan unsur masyarakat mengenai perencanaan pembangunan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:50
Last Modified: 08 Dec 2021 00:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item View Item