PEMANFAATAN MEDIA CENTER SEBAGAI PUSAT INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI DAN EDUKASI PENANGANAN PANDEMI COVID 19 DI KOTA BENGKULU

Kosalia, Resti Randa and Aminudin, Achmad and Gushevinalti, Gushevinalti (2021) PEMANFAATAN MEDIA CENTER SEBAGAI PUSAT INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI DAN EDUKASI PENANGANAN PANDEMI COVID 19 DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS RESTI RANDA KOSALIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tugas pokok dan fungsi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Bengkulu tertuang dalam Peraturan Walikota Bengkulu nomor 56 Tahun 2016 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Daerah Kota Bengkulu. Tugas pokok tersebut yakni, melaksanakan penyusunan dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang komunikasi, Informasi dan Persandian. Seperti yang diketahui saat ini sumber informasi relatif banyak dan tersebar dalam berbagai bentuk media penyajiannya, baik melalui media cetak (buku, surat kabar, majalah) maupun media elektronik (radio, televisi, handphone, internet) dapat dengan mudah diperoleh, namun permasalahan yang dihadapi oleh Media Center Pemerintah Kota Bengkulu dalam penyajian informasi yang disebarluaskan masih belum memiliki kualitas data yang akurat. Di era Pandemi Covid 19 yang terjadi dari akhir Tahun 2019 sampai dengan pada penghujung Tahun 2021 memberikan fakta bahwa pemanfaatan media center dalam memberikan informasi dan edukasi terkait kebijakan pemerintah dalam penanganan covid 19 sangat dibutuhkan, sebagai corong pemerintah dan sarana komunikasi masyarakat, pemanfaatan media center terbukti jelas sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi dan edukasi kepada khalayak luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan Media Center Sebagai Pusat Informasi Pelayanan Publik Dalam Penyebarluasan Informasi dan Edukasi Penanganan Pandemi Covid 19 Di Kota Bengkulu, Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini melalui Pedoman Umum Media Center untuk mengetahui mekanisme kerja, sumber daya pendukung hingga manfaat media center sebagai pusat informasi dan edukasi penangan pandemic covid di kota Bengkulu. Hasil penelitian menujukan bahwa Pemanfaatan Media Center sebagai pusat informasi pelayanan publik dalam penyebarluasan informasi dan edukasi penanganan pandemi covid 19 di Kota Bengkulu yakni: masih minimnya partisipasi dari publik internal disebabkan belum maksimalnya pelaksanaan kerja sama disebabkan oleh adanya “ego sectoral” di masing-masing organisasi perangkat daerah dan masih rendahnya respon masyarakat terhadap berita yang disebarluaskan oleh Media Center karena masih ada masyarakat Kota Bengkulu yang belum bisa menggunakan teknologi internet untuk mengakes informasi yang ada di Media Center Pemerintah Kota Bengkulu terutama warga lansia yang rentan terhadap infeksi wabah Covid-19, maka untuk memaksimalkan pemanfaatan media center dalam melaksanakan perannya sebagai pusat informasi public diperlukan peningkatan mekanisme kerja sama antara organisasi perangkat daerah lainnya dalam rangka pertukaran informasi, memperluas jaringan sosialisasi pemanfaatan media center melalui media cetak dan merekrut tenaga ahli/informan dari pihak medis (dokter) dalam menyebarluaskan informasi terkait covid 19, agar informasi yang dipublikasikan lebih aktual dan akurat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:50
Last Modified: 08 Dec 2021 00:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item View Item