STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN ONLINE SIPANSE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI BENGKULU

Avenzory, and Gushevinalti, Gushevinalti and Hadiprashada, Dhanurseto (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN ONLINE SIPANSE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS AVENZORY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan sistem online dianggap sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintahan Provinsi Bengkulu untuk membenahi masalah pelayanan perizinan. Menindaklanjuti hal tersebut DPMPTSP Provinsi Bengkulu melaunching Aplikasi SIPANSE (Sistem Pelayanan Secara Elektronik) untuk melayani masyarakat yang akan mengurus Perizinan dan Non Perizinan Secara Online.Dalam hal pelayanan perizinan online, kenyataannya masih banyak masyarakat atau pelaku usaha yang tidak mengetahui dan tidak paham mengurus perizinan dengan menggunakan aplikasi SIPANSE tersebut. Keberhasilan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh strategi komunikasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui strategi komunikasi yang digunakan DPMPTSP Provinsi Bengkulu dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi perizinan online SIPANSE dan untuk Mengetahui Faktor – faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Provinsi Bengkulu dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi perizinan online SIPANSE.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi dalam mensosialisasikan penggunaan Aplikasi Sipanse di Dinas DPMPTSP Provinsi Bengkulu telah diupayakan dengan baik namun tidak ada kegiatan / sub kegiatan khusus terkait sosialisasi penggunaan aplikasi perizinan Sipanse secara online yang dampaknya tidak ada peningkatan secara signifikan penggunaan aplikasi Sipanse secara online oleh pelaku usaha atau masyarakat. Factor pendukung dalam strategi komunikasi dalam mensosialisasikan penggunaan Aplikasi Perizinan Sipanse antara lain terkait teknologi , pemilihan strategi yang tepat , pelayanan public yang berkualitas, proses pelayanan sesuai dengan SOP dan sikap tanggung jawab dari pengambil kebijakan. Selain itu Selain factor pendukung ada juga factor penghambat dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi perizinan Sipanse ini antara lain, kurangnya transparansi dalam hal manajemen dan penyelenggaraan pelayanan perizinan online, kurangnya staf yang berkompeten dan sarana dan prasarana yang masih belum cukup. Dalam pelaksanaan sosialisasi penggunaan aplikasi perizinan Sipanse agar pelaksanaan program selanjutnya dapat lebih maksimal lagi, maka disarankan agar dibuat program atau kegiatan/ sub kegiatan khusus sosialisasi penggunaan aplikasi Sipanse secara online yang melibatkan tim komunikasi yang kompeten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:50
Last Modified: 08 Dec 2021 00:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23426

Actions (login required)

View Item View Item