TESIS KOMUNIKASI PARIWISATA MELALUI KEGIATAN KONSEP DASAR HOSPITALITY (PELAYANAN PRIMA) (Studi Kasus Kinerja Tour Leader KM Tour Lubuk Linggau)

Rochmansyah, Erwin and Adhrianti, Lisa and Hadiprashada, Dhanurseto (2021) TESIS KOMUNIKASI PARIWISATA MELALUI KEGIATAN KONSEP DASAR HOSPITALITY (PELAYANAN PRIMA) (Studi Kasus Kinerja Tour Leader KM Tour Lubuk Linggau). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS Erwin Rochmansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana delapan konsep dasar Hospitality/Pelayanan Prima untuk meningkatkan kinerja seorang Tour Leader KM Tour Kota Lubuklinggau dengan peserta grup wisatawan, berdasarkan pendekatan Grounded Theory. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, kami menggali data informasi di lapangan melalui tehnik wawancara mendalam terhadap 3 (tiga) informan utama dan 2 (dua) informan pendukung berdasarkan persepsi antar mereka sendiri, selain wawancara kami juga melakukan observasi partisipan dan rekaman dokumentasi lainya. Masalah penelitian ini adalah sebuah peristiwa komplain dari rombongan wisatawan dengan ketidakpuasan atas kinerja seorang Tour Leader KM Tour Lubuklinggau pada saat pelaksanaan membawa rombongan wisatawan dan kami menemukan adanya Tour Leader yang tidak mengusai konsep dasar Hospitality/Pelayanan Prima. Dengan tujuan untuk mengorganisir dan meminimalisir komplain dari wisatawan serta menghindari komplain dan menciptakan wisatawan yang loyalitas dan royalitas terhadap biro perjalanan wisata KM Tour Lubuklinggau. Berdasarkan temuan ini, kami menyarankan upaya mengoptimalisasi kinerja tour leader untuk menerapkan konsep dasar Hospitality/Pelayanan Prima terhadap wisatawan. Selain temuan tersebut, kami menyarankan agar semua Tour Leader dalam memimpin rombongan wisatawan hendaknya telah melakukan uji kompeten dan memiliki sertifikasi Tour Teader dari lembaga pariwisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:50
Last Modified: 08 Dec 2021 00:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23443

Actions (login required)

View Item View Item