PERAN GURU DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI (Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Dramaturgi Peran Guru di Madrasah Aliyah Muslim Cendikia Bengkulu Tengah)

Susanto, Hendro and Adhrianti, Lisa and Hadiprashada, Dhanurseto (2021) PERAN GURU DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI (Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Dramaturgi Peran Guru di Madrasah Aliyah Muslim Cendikia Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang memiliki peran sebagai perangkat desa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yakni penelitian kualitatif yakni penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Dalam penelitian ini menggunakan teori perspektif dramaturgi Erving Goffman, dimana seorang aktor dalam memainkan perannya memiliki panggung depan dan panggung belakang. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Madrasah Aliyah Muslim Cendikia Bengkulu Tengah, mengenai Peran Guru Dalam Perspektif Dramaturgi (Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Dramaturgi Peran Guru di Madrasah Aliyah Muslim Cendikia Bengkulu Tengah) dapat isimpulkan bahwa panggung depan guru menampilkan kesan seseorang yang patut dicontoh yakni berpakaian rapi, bersih, disiplin dan dapat diteladani oleh siswa�siswinya serta tekun dalam mengajar, membuat program-program untuk kemajuan madrasah serta memiliki hubungan yang baik kepada wali siswa. Sedangkan saat dipanggung belakang ditemuai guru berpenampilan biasa saja, tidak jarang hanya memakai kaos oblong dan celana pendek dan juga ada informan yang memiliki kebiasan-kebiasaan lain contohnya yakni berkebun, mencari madu hutan, nyamah, serta guru yang lainya yang juga memiliki kegiatan lain seperti hobbi futsal, memasak dan karoke. Beberapa kegiatan di panggung belakang mempersentasikan diri seorang guru yang apa adanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:51
Last Modified: 08 Dec 2021 00:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item