REPRESENTASI HANBOK SEBAGAI STATUS KELAS SOSIAL PADA DINASTI JOSEON DALAM DRAMA MR.QUEEN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Dianthi, Martha Heriniazwi and Firmansyah, Mas Agus and Adhrianti, Lisa (2021) REPRESENTASI HANBOK SEBAGAI STATUS KELAS SOSIAL PADA DINASTI JOSEON DALAM DRAMA MR.QUEEN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis (Martha).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Hanbok menjadi pakaian yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari dan menjadi suatu tanda status sosial masyarakat di era Joseon. Pembagian kasta ini sendiri terdiri dari yangban, sangmin, chungmin dan cheonmin. Maka dari itu, peneliti hendak meneliti bagaiamana representasi status sosial pada masyarakat dinasti Joseon dalam drama Mr.Queen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan status sosial status sosial pada masyarakat Joseon melalui identifikasi tanda-tanda yang terdapat pada setiap bentuk dan warna pada hanbok di dalam drama tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika Roland barthes dengan melakukan pendekatan deskriptif dimana peneliti akan menafsirkan makna dari suatu pesan komunikasi yang berada pada penggambaran karakter yang ada di drama Mr.Queen.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pemaknaan lebih lanjut bahwa drama ini mampu menggambarkan bagaimana penggambaran kasta sosial di dinasti Joseon melalui penggunaan hanbok yang digunakan pada pemeran di drama Mr.Queen. Lebih lanjutnya lagi dari pemaknana itu, terdapat juga terdapat juga penggambaran lebih lanjut lagi yang menggambarkan kekuatan dan status sosial yang digambarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:51
Last Modified: 08 Dec 2021 00:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23471

Actions (login required)

View Item View Item