ANALISIS PRODUKSI PROGRAM BELAJAR HOMESCHOOLINGBAGI SISWA SMP SE-KOTA BENGKULU MELALUI BENGKULU EKSPRESS TELEVISI (BETV) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Alfiah, Qhanah and Gushevinalti, Gushevinalti and Firmansyah, Mas Agus (2021) ANALISIS PRODUKSI PROGRAM BELAJAR HOMESCHOOLINGBAGI SISWA SMP SE-KOTA BENGKULU MELALUI BENGKULU EKSPRESS TELEVISI (BETV) PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS QHANA ALFIAH FIX-FIX-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pentingnya mengetahui proses produksi program belajar homeschooling siswa SMP se-Kota Bengkulu pada masa pandemi covid-19 serta hambatan dalam penyampaian pesannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian ditelaah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber untuk memastikan keabsahannya. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teori manajemen produksi televisi yang diperkenalkan oleh Gerald Millerson dan teori hambatan komunikasi massa menurut Abdul Halik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam produksi sebuah program acara di televisi akan melewati beberapa tahapan sebelum program tersebut tayang. Dan dalam program homeschooling ini tahapan-tahapan yang dilalui sebelum tayang secara langsung adalah seperti tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Lalu hambatan dalam penyampaian pesan melalui televisi yang dianalisis menggunakan teori Abdul Halik. Terdapat beberapa hambatan yang dialami host atau guru yang bertugas sebagai komunikator. Seperti, kecemasan saat berbicara didepan kamera, salah pengucapan kata, bahasa yang harus baik, pemilihan diksi harus tepat, artikulasi serta masalah wardrobe, dan termasuk juga hambatan mekanis yang dapat mengganggu berlangsungnya program homeschooling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:51
Last Modified: 08 Dec 2021 00:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23474

Actions (login required)

View Item View Item