SINTESIS MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN KITOSAN DARI KULIT UDANG DAN SELULOSA BAKTERI SERTA TELAAH PUSTAKA KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT YANG BERBASISKAN KITOSAN

PUTRI, DARSI and Gustian, Irfan and Ratnawati, Devi (2020) SINTESIS MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN KITOSAN DARI KULIT UDANG DAN SELULOSA BAKTERI SERTA TELAAH PUSTAKA KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT YANG BERBASISKAN KITOSAN. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text (Thesis)
Darsi Putri_F1B016039_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang isolasi kitosan dari kulit udang dan sintesis selulosa bakteri dari air kelapa, serta sintesis membran komposit penghantar proton berbasiskan kitosan dari kulit udang dan selulosa bakteri sebagai kandidat sel bahan bakar. Pada penelitian ini kitosan berhasil disintesis dengan nilai derajat deasetilasi sebesar 67,5%. Selulosa bakteri yang dihasilkan dikarakterisasi dengan Fourier Transform Infra Red (FTIR) untuk analisis gugus fungsi. Spektrum FTIR menunjukkan bahwa selulosa bakteri berhasil disintesis yang ditunjukkan munculnya serapan pada daerah 3341 cm-1 dan 1034-1157 cm-1 yang mengindikasikan adanya ikatan glikosida dan ikatan C-O pada cincin selulosa dan hasil pengukuran konduktivitas proton sebesar 5,21 × 10-5 S/cm. Membran komposit pada penelitian ini dibuat dengan variasi komposisi selulosa bakteri�Kitosan dengan perbandingan 3,5:1,5 dan 1,5:3,5, dan didapat ketebalan membran berturut-turut 0.24 mm dan 0.47 mm. Penelitian di laboratorium tidak dapat dilanjutkan karena situasi pandemi COVID-19, sehingga dilanjutkan studi literatur untuk mendukung kajian tentang sintesis membran komposit berbasiskan kitosan dari kulit udang. Hasil studi literatur menunjukkn bahwa kitosan dari kulit udang baik digunakan sebagai kandidat membran penghantar proton, dan dengan adanya modifikasi seperti dikompositkan dengan bahan organik ataupun anorganik sebagai filler dapat meningkatkan nilai konduktivitas proton membran. Kata Kunci : Kitosan, Selulosa Bakteri, Membran Komposit, Konduktivitas Proton, Studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:52
Last Modified: 08 Dec 2021 00:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23493

Actions (login required)

View Item View Item