PENENTUAN NILAI SPF DAN KARAKTERISASI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK ETANOL Oryza rufipogon Griff DAN Oryza sativa L. SECARA IN-VITRO SERTA TELAAH PUSTAKA

SIANTURI, LIBERTINA ERSINALSARI and Widiyati, Eni and Nesbah, Nesbah (2020) PENENTUAN NILAI SPF DAN KARAKTERISASI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK ETANOL Oryza rufipogon Griff DAN Oryza sativa L. SECARA IN-VITRO SERTA TELAAH PUSTAKA. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text (Thesis)
LIBERTINA_F1B016027_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengkarakterisasi krim tabir surya dengan menggunakan ekstrak etanol beras merah (Oryza rufipogon Griff) dan beras putih (Oryza sativa L.). Bahan dasar pembuatan krim tabir surya menggunakan minyak kelapa murni (VCO). Krim tabir surya dibuat dengan mencampurkan fase minyak dan fase air, kemudian ditambahkan ekstrak etanol beras merah dan beras putih dengan perbandingan 0:0 g; 2:4 g; 2:3 g; 4:3 g; 4:0 g, 0:4 g dan 5:5 g. Karakterisasi krim dilakukan dengan pengujian terhadap nilai pH, homogenitas, kestabilan dan viskositas. Penentuan nilai SPF (Sun Protection Factor) sediaan krim dilakukan dengan melihat absorbansinya menggunakan Spektrofotometer UV-VIS dan dihitung dengan persamaan Mansur. Hasil dari penelitian adalah diperoleh ekstrak pekat etanol beras merah sebesar 3,4 g dan ekstrak pekat etanol beras putih sebesar 5,98 g. Penelitian tidak dapat dilanjutkan karena masa darurat pandemi COVID-19 sehingga dilanjutkan dengan telaah pustaka yang bertujuan untuk mempelajari pembuatan krim tabir surya berbahan aktif ekstrak tanaman. Telaah pustaka dilakukan dengan mengkaji dan menelaah jurnal-jurnal penelitian yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari telaah pustaka adalah menunjukkan bahwa ekstrak tanaman dapat dijadikan bahan aktif dalam krim tabir surya dan karakterisasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa untuk homogenitas, viskositas, stabilitas dan pH sesuai dengan standar krim menurut SNI 16-4399-1996. Kata Kunci : Krim, tabir surya, SPF, Oryza rufipogon Griff, Oryza sativa L.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:52
Last Modified: 08 Dec 2021 00:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item