SISTEM ZONASI SEKOLAH DENGAN METODE VORONOI DIAGRAM DAN DELAUNAY TRIANGULATION BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU)

Saputri, Rohmania and Vatresia, Arie and Utama, Ferzha Putra (2020) SISTEM ZONASI SEKOLAH DENGAN METODE VORONOI DIAGRAM DAN DELAUNAY TRIANGULATION BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Rohmania Saputri_G1A016016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sistem zonasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan, akan tetapi pada pelaksanaanya masih dianggap kurang baik. Melihat dari masalah tersebut, solusi yang dibutuhkan untuk pemetaan zonasi masing-masing sekolah sehingga didapatkan batas zonasi yang jelas. Sebuah aplikasi yang dapat memetakan sekolah-sekolah pada suatu wilayah dengan jelas berdasarkan tempat tinggal untuk calon siswa merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan pada saat ini. Penulis melakukan penelitian dengan studi kasius di kota Bengkulu yang bertujuan Menentukan zonasi sekolah berdasarkan tempat tinggal untuk calon siswa sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA) Negeri berdasarkan penerapan hasil zonasi metode Voronoi Diagram dan Delaunay Triangulation berbasis webgis dan Menunjukkan hasil analisis zonasi yang telah terbentuk dibandingkan dengan sistem yang sudah ada. Dalam pengerjaannya penulis membangun suatu zonasi pada peta dengan batas tiap zonasi yang dibangun ditentukan menggunakan Voronoi diagram. hasil dari penelitian ini berhasil mengimplementasikan sistem zonasi dengan menghasilkan kecocokan antara data siswa dengan Voronoi diagram dan sistem zonasi yang ada. Dengan nilai hasil dengan pencocokan pada data siswa/i yang terdiri dari berbeda kelurahan yakni Sekolah Menengah pertama sebesar 72% dan Sekolah Menengah Atas 65%. Sedangkan data siswa/i yang terdiri dari alamat siswa/i berdasarkan Longtitude dan Latitude yakni Sekolah Menengah Pertama 55% dan Sekolah Menengah Atas 60%. Pada hasil ketidak cocokan merupakan analisa kesenjangan nilai yang disarankan dikarenakan faktor kecendrungan dan kapasitas. Kata Kunci: Zonasi, Voronoi Diagram, webgis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 12 Dec 2021 13:39
Last Modified: 12 Dec 2021 13:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item