ANALISIS KUALITATIF ION Co2+ MENGGUNAKAN EKSTRAK KULIT JANTUNG PISANG KEPOK (Musa balbisiana L.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETER UV-Vis

NIRWANA, RINA and Sal, Prima Yudha and Nesbah, Nesbah (2020) ANALISIS KUALITATIF ION Co2+ MENGGUNAKAN EKSTRAK KULIT JANTUNG PISANG KEPOK (Musa balbisiana L.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETER UV-Vis. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RINA NIRWANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan ekstrak kulit jantung pisang kepok (Musa balbisiana L.) sebagai agen pengompleks dalam analisis kualitatif ion Co(II) dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Ekstrak kulit jantung pisang kepok pada penelitian ini diekstraksi dengan metode maserasi. Analisis ion logam Co(II) dilakukan dengan cara variasi volume antara ekstrak kulit jantung pisang kepok dan larutan Co(II), kemudian diukur serapannya menggunakan sepktrofotometer UV-Vis. Konsentrasi larutan Co(II) yang digunakan adalah 100 ppm. Hasil menunjukkan bahwa ekstrak kulit jantung pisang yang ditambahkan larutan Co(II) tidak mengalami perubahan warna dan spektrum UV-Vis menunjukkan pergeseran hipsokromik dari panjang gelombang 255 nm menjadi 206 nm yang menyatakan bahwa belum terbentuk senyawa kompleks. Berdasarkan telaah pustaka yang dilakukan, analisis ion logam Co(II) secara kualitatif dengan metode spektrofotometri telah dilakukan dengan menggunakan reagen sintetik dengan sensitifitas dan selektifitas yang masih rendah. Sedangkan penggunaan reagen alami masih sangat langka karena keterbatasan dalam aplikasi. Kata kunci : Ekstrak kulit jantung pisang, ion logam Co(II), reagen alami, reagen sintetik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 22 Dec 2021 08:04
Last Modified: 22 Dec 2021 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item