MEMPERTEMUKAN WISATA DAN EKONOMI DESA: PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN BEBERAPA JENIS BUAH MENJADI SIRUP DI DESA DURIAN DEMANG, PROPINSI BENGKULU

Darubekti, Nurhayati and Yunilisiah, Yunilisiah and Novi, Hendrika Jaya Putra (2018) MEMPERTEMUKAN WISATA DAN EKONOMI DESA: PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN BEBERAPA JENIS BUAH MENJADI SIRUP DI DESA DURIAN DEMANG, PROPINSI BENGKULU. Project Report. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Laporan Penelitian)
2018-Sirup Buah (Laporan) OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan pariwisata akan mendorong masyarakat juga pemerintah setempat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerahnya agar mendapat perhatian dari masyarakat luar sehingga nantinya dapat mempercepat laju perekonomian kawasan. Upaya pengembangan Desa Durian Demang sebagai desa wisata masih terdapat permasalahan yang mengganggu dalam proses pertumbuhan produk dan pasar wisatanya. Permasalahan tersebut terkait dengan fasilitas serta sarana prasarana pendukung pariwisata yang dapat mempengaruhi kenyamanan wisatawan dilihat dari kualitas kondisi fisik serta ketersediaannya. Selain itu dilihat dari elemen penunjang pariwisatanya juga masih belum lengkap, masih kurang adanya promosi wisata dan sulitnya transportasi umum. Tidak kalah penting, yaitu permasalahan mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat serta tingkat partisipasinya dalam mendukung pengembangan wisata. Selama musin buah, harga buah menjadi sangat murah. Buah yang telah matang dan jumlah yang berlimpah menyebabkan nilai jual yang rendah. Pengolahan buah dapat mengamankan hasil panen yang berlimpah. Dengan mengolahnya menjadi berbagai macam produk maka daya simpan menjadi lebih lama dan jangkawan pemasarannya lebih luas. Dengan demikian pendapatan petani di Desa Durian Demang dapat meningkat. Bentuk pengolahan yang mudah dibuat adalah sirup dan jelly. Dengan diolah menjadi bahan-bahan tersebut maka nilai jual buah ini akan meningkat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka pengabdian pada masyarakat ini maka dipandang perlu pendampingan dalam bentuk program pendidikan kewirausahaan masyarakat, melalui pengembangan produk lokal berbasis home industry dengan mengelola sumber daya alam hayati yang belum dikelola sehingga mereka dapat bekerja dan atau berusaha secara produktif, mandiri, dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:12
Last Modified: 04 Jan 2022 05:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23719

Actions (login required)

View Item View Item