PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI, MEMBENTUK KARAKTER, DAN MEMBANGUN CITA-CITA PADA ANAK-ANAK DI PULAU TERLUAR-ENGGANO

Darubekti, Nurhayati and Sri, Handayani Hanum and Patricia, Ekowati Suryaningsih and Deli, Waryenti (2021) PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI, MEMBENTUK KARAKTER, DAN MEMBANGUN CITA-CITA PADA ANAK-ANAK DI PULAU TERLUAR-ENGGANO. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 31 Agustus 2021.

[img] Text (Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat SNPKM)
2021-Enggano (Prosiding) OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pulau Enggano sebagai pulau kecil terluar merupakan kekayaan budaya yang unik dan sangat berbeda dengan budaya masyarakat umumnya di daratan Pulau Sumatera. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa permasalahan pokok anak-anak di di pulau kecil terluar di Desa Meok, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara adalah rendahnya kegiatan literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa, kurangnya media edukasi yang membentuk karakter anak, dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya berjuang meraih impian, serta figur-figur panutan. Melalui permainan edukatif dan hibah buku dan alat tulis, kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang dilakukan pada tanggal 18-22 Juli 2021 ini dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, meningkatnya minat baca, meningkatkan kreatifitas anak, kerjasama, dan juga mengajarkan kesederhanaan untuk anak, mengenal macam-macam warna dengan macam-macam bentuk, huruf, angka, serta meningkatnya daya imajinasi anak serta melatih verbal anak. Permainan edukatif memberikan banyak manfaat terhadap tumbuh kembang anak. Permainan edukatif juga dapat memberikan kesempatan proses bersosialisasi kepada anak untuk mendapatkan dan memperkaya pengetahuan dengan menggunakan berbagai alat, buku, narasumber, atau tempat. Permainan Edukatif yaitu suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan dapat merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat mendidik. Permainan edukatif bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, berpikir, serta bergaul dengan lingkungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:59
Last Modified: 11 Jan 2022 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item