TINGKAT PENGETAHUAN MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU TENTANG GEMPA BUMI DAN TSUNAMI

Niasti, Yetni eka and Fransisca, Connie and Sakti, Indra (2006) TINGKAT PENGETAHUAN MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU TENTANG GEMPA BUMI DAN TSUNAMI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-YET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text
IV,V-YET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh frekwensi gempa bumi yang sering terjadi di Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan murid Sekolah Dasar (SD) di Kota Bengkulu tentang gempa bumi dan tsunami, pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang istilah, pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang fakta, pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang kebiasaan, dan pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang prinsip yang berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas VI SD Negeri di kota Bengkulu sebanyak 4867 murid yang terbagi dalam 8 kecamatan yang ada di kota Bengkulu. Sampel diambil sebanyak 270 murid. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik presentase random sampling untuk menentukan besarnya sampel, sedangkan untuk menentukan jumlah sampel menurut tingkatan atau kelompok kecamatan adalah dengan teknik pengambilan sampel acak (random sampling). Data diperoleh dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu rumus skor total, mean, standar deviasi dan tabulasi frekwensi. Hasil penelitian menunjukkan skor total untuk semua aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang gempa bumi dan tsunami 4746 dengan standar deviasi 3,503. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang istilah yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 24,82 % murid dalam kategori tinggi, 52,96 % sedang, dan 22,22 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang fakta yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 12,22% murid dalam kategori tinggi, 61,11% sedang, dan 26,67 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang kebiasaan yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 16,67% murid dalam kategori tinggi, 67,78% sedang, dan 15,55 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang prinsip yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 24,44% murid dalam kategori tinggi, 67,41% sedang, dan 8,15 % rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang gempa bumi dan tsunami adalah sedang dengan frekwensi tertinggi adalah aspek pengetahuan tentang kebiasaan yang dilakukan berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami sebanyak 67,78% murid.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 09:02
Last Modified: 29 Nov 2013 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item