PENEMPATAN JURUSAN SISWA KELAS 2 MELALUI COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING (SAW) (STUDI KASUS SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU )

ALFAJRI, IRVAN and Desi, Andreswari and Rusdi, Efendi (2020) PENEMPATAN JURUSAN SISWA KELAS 2 MELALUI COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING (SAW) (STUDI KASUS SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU ). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Irvan alfajri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Kota Bengkulu adalah sekolah kejuruan di Kota Bengkulu. Setiap kenaikan kelas kedua untuk jurusan Teknik Komputer dan Informatika akan dilakukan penjurusan ke tiga jurusan komputer yang ada yaitu Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. Penjurusan manual yang dilakukan sekolah selama ini menggunakan kriteria minat siswa dan nilai raport. Penelitian ini bertujuan membangun sistem rekomendasi jurusan kepada siswa dengan pengambilan nilai ujian berbasis Computer Assisted Test. Untuk memberikan rekomendasi jurusan kepada siswa diguakan enam(6) kriteria yaitu nilai ujian jaringan dasar, nilai ujian web dasar, nilai ujian pemograman dasar, nilai ujian desain dasar, rata-rata raport tahun pertama dan nilai kepribadian siswa dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting. Luaran yang dihasilkan berupa hasil rekomendasi jurusan untuk setiap siswa dengan metode Simple Additive Weighting. Dari 97 siswa Teknik Komputer dan Informatika untuk rekomendasi jurusan Teknik Komputer Jaringan sebanyak 37 siswa, untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sebanyak 11 siswa dan untuk jurusan Multimedia sebanyak 49 siswa. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox, fungsional sistem telah 100% berhasil berfungsi dengan baik, terdiri dari 21 halaman dan 14 skenario. Kata kunci: blackbox, Computer Assisted Test, Sekolah Menengah Kejuruan, Simple Additive Weighting web.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:58
Last Modified: 26 Jan 2022 02:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23950

Actions (login required)

View Item View Item