PENERAPAN METODE CASE BASED REASONING (CBR) UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT GANGGUAN KEHAMILAN PADA IBU HAMIL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS RUMAH SAKIT HARAPAN DOA KOTA BENGKULU)

Lestari, Pryla Rustiana and Ernawati, Ernawati and Asahar, Johar (2020) PENERAPAN METODE CASE BASED REASONING (CBR) UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT GANGGUAN KEHAMILAN PADA IBU HAMIL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS RUMAH SAKIT HARAPAN DOA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-PRYLA RUSTIANA LESTARI G1A016012.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penyakit Gangguan kehamilan sering menyertai kehamilan seseorang, hampir semua ibu hamil mengalaminya. Minimnya pengetahuan ibu hamil tentang gangguan-gangguan yang bisa terjadi saat kehamilan membuat ibu hamil tidak menyadari jika kehamilannya mengalami gangguan. Sistem yang dibangun diharapkan dapat membantu dokter dan tenaga medis dalam hal melayani pasien terkait akan kebutuhan untuk konsultasi dan diagnosa , sehingga kebutuhan pasien untuk mendapatkan pelayanan medis secara cepat dapat segera terpenuhi.Pada Penelitian ini, penulis bermaksud merancang dan membangun sistem pakar untuk diagnosa penyakit gangguan kehamilan pada ibu hamil menggunakan metode case based reasoning berbasis android dengan menggunakan bahasa pemograman java. Data yang digunakan diambil dari RSHD Kota Bengkulu. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, sistem yang berbasis android menggunakan metode case based reasoning ini mampu mendiagnosa penyakit gangguan kehamilan dengan baik berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan pasien. Metode pengembangan sistem yang digunakan menggunakan adalah waterfall. Pengujian fungsional sistem dengan menggunakan metode black box telah berhasil 100% dengan skenario yang telah dibuat. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan nilai akurasi aplikasi ini yaitu 96,6% untuk mendiagnosa penyakit gangguan kehamilan pada ibu hamil menggunakan smartphone. Kata kunci : penyakit gangguan kehamilan, Case based reasoning, Cosine similarity

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:02
Last Modified: 26 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23951

Actions (login required)

View Item View Item