AN ERROR ANALYSIS IN CONSTRUCTING SENTENCES OF RECOUNT TEXT MADE BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMA PLUS N 7 KOTA BENGKULU

Dharma, Nurul Huda Utami and Esti , Ambaratsari and Mei , Hardiah (2013) AN ERROR ANALYSIS IN CONSTRUCTING SENTENCES OF RECOUNT TEXT MADE BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMA PLUS N 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis kesalahan membangun kalimat yang siswa dibuat secara tertulis teks recount dan (2) untuk mengetahui kesalahan yang dominan dilakukan oleh siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, bahwa ada 32 siswa di kelas X.4 SMA Plus N 7 Kota Bengkulu sebagai obyek penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frekuensi kategori kesalahan membangun kalimat dalam menulis teks recount. Persentase kategori kesalahan dalam informasi adalah 45,61%, dalam penghilangan adalah 37,89%, dalam penambahan adalah 9,84% , dan 6,66% adalah kesalahan letak. Kesalahan penghilangan yang dilakukan 108 kali yang terdiri dari penghilangan kata benda dan kata kerja infleksi 57 kali, kata kerja pembantu 31 kali, article 11 kali, dan preposisi 8 kali. Kesalahan penambahan yang dilakukan 28 kali, mereka adalah tambahan sederhana 17 kali, 10 kali ganda menandai, regularisasi 1 kali. Kesalahan letak dilakukan 19 kali. Sementara itu, kesalahan yang dominan dilakukan oleh siswa dalam menulis teks recount adalah kesalahan yang terjadi di informasi 130 kali. Sebagai kesimpulan, kesalahan informasi adalah kesalahan yang paling dominan dalam menulis teks recount dan kesalahan letak adalah kesalahan yang paling sedikit dominan dalam membangun kalimat dalam menulis teks recount.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 10:46
Last Modified: 29 Nov 2013 10:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item