PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG TERBENTUKNYA KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENERAPAN LIFE SKILL PADA KELAS VII D DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Dartini, Dartini and Fachruddin, M and Johar T, Asahar (2006) PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG TERBENTUKNYA KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENERAPAN LIFE SKILL PADA KELAS VII D DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui cara-cara menumbuhkan life skill pada siswa kelas VIId SMP N 16 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan aplikasi aritmetika sosial, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi aritmatika sosial dengan penerapan life skill, (3) Untuk mengetahui respon siswa kelas VIId SMP N 16 Kota Bengkulu dengan penerapan life skill. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 16 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Analisis Data Refleksi Rencana Tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, persentasi, laporan dan quiz, PR, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperolessh kesimpulan (1) Bahwa cara yang dilakukan dalam penelitian untuk menumbuhkan kecakapan hidup yaitu dengan cara mensimulasikan aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi yang pertama pembuatan pasar di dalam kelas untuk melakukan jual beli, yang kedua dengan melakukan praktek langsung hal ini telah mampu meningkatkan kecakapan siswa dan untuk kecakapan khusus dilakukan di siklus ketiga yaitu kecakapan dalam pembuatan bata. (2) Siswa telah mampu menyelesaikan masalah aplikasi arimetika sosial dengan penerapan Life Skill, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tiap siklus yang mengalami peningkatan, yaitu siklus I = 6,84 dengan ketuntasan klasikal 48,57%, siklus II = 7,7 dengan ketuntasan klasikal 57,14%, siklus III = 8,72 dengan ketuntasan klasikal 80%, penelitian dihentikan di siklus ketiga karena telah memenuhi indikator keberhasilan. (3) Penerapan Life Skill pada pokok bahasan aritmetika sosial dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa, hal ini dapat ditunjukkan dari 35 siswa 100% memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:22
Last Modified: 29 Nov 2013 11:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item