Sidabalok, Eliamsa and Rusdi, Rusdi and Idris, Irsal (2006) PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL BIDANG STUDI MATEMATIKA SEBAGAI BAGIAN DARI KURIKULUM 2004 DI KELAS VII DAN VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-ELI-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (651kB) |
|
Text
IV,V-ELI-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (651kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pelaksanaan pengajaran remedial matematika sebagai bagian dari kurikulum 2004 di SMP dan Hasil penerapan pengajaran remedial bidang studi matematika sebagai bagian dari kurikulum 2004. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika yang melaksanakan pengajaran remedial bidang studi matematika sebagai bagian dari kurikulum 2004 di kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 4 orang. Analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisa disimpulkan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial bidang studi matematika sebagai bagian dari kurikulum 2004 di kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu sebagai berikut: 1. Pelaksanaan pengajaran remedial matematika di SMPN 1 Kota Bengkulu belum sepenuhnya menerapkan faktor-faktor pengajaran remedial pada kurikulum 2004. Adapun yang faktor yang belum terlaksana dengan baik itu adalah; dari segi metode yang digunakan, alat pengajaran, pendekatan dan evaluasi yang dilakukan 2. Ada beberapa faktor penghambat pelaksanaan pengajaran remedial baik dari guru seperti waktu pelaksanaan dan metode pengajaran yang digunakan maupun dari siswa itu sendiri misalnya, kemampuan awal siswa, minat, motifasi dan jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak 3. Dengan penerapan pengajaran remedial maka jumlah siswa di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang tuntas mempelajari satu kompetensi dalam satu kelas meningkat. Peningkatan tersebut yakni: (1) Dikelas VII.1 dan VII.2 jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 65,625% menjadi 100% dan dari 17,5% menjadi 82,5% setelah melakukan remedial I, dan setelah remedial II, Jumlah siswa meningkat lagi menjadi 95%; (3) Dikelas VII.4, VII.5, dan VII.6 jumlah siswa yang tuntas dari 35% menjadi 92,5%; 42,5% menjadi 95% dan dari 22,2% meningkat menjadi 88,9%; (4) Dikelas VIII.1, VIII.2 jumlah siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari 38,71 menjadi 96,77, 43,59 menjadi 97, 44 setelah kedua kelas tersebut mengalami dua kali remedial; (5) Di kelas VIII.3 Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari 70% menjadi 97,5 %, dan; (6) Dikelas VIII.4 dan VIII.5 Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar berturut-turut 7,3% menjadi 97,56% dan dari 5% menjadi 97,5 % setelah di kedua kelas tersebut diadakaan dua kali pengajaran remedial.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 11:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 11:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2441 |
Actions (login required)
View Item |