ANALISIS ISI BUKU AJAR MATEMATIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 YANG DISUSUN BERDASARKAN KURIKULUM 2004

Ningsih, Setiar and Fachruddin, M. and susanta, Agus (2006) ANALISIS ISI BUKU AJAR MATEMATIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 YANG DISUSUN BERDASARKAN KURIKULUM 2004. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (596kB)
[img] Text
IV,V-SET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (596kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penyajian materi buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1 relevan dengan kurikulum 2004, (2) Untuk mengetahui apakah urutan penyajian materi pada buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1 sudah sesuai dengan teori elaborasi, (3) Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan materi baik dari segi konsep, perkembangan intelektual siswa maupun kesalahan ketik yang ada pada buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1, (4) Untuk mengetahui bentuk soal open - problem yang disajikan pada buku SMP kelas VIII semester 1 yang disusun berdasarkan kurikulum 2004. Penelitian ini termasuk analisis dokumen atau isi (Arikunto, 1998). Analisa penelitian ini dalam rangka menganalisis buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1. Dalam hal ini peneliti sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisa data, penafsir data, dan pelapor hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Urutan penyajian materi yang ada pada buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1 terbitan Erlangga telah relevan dengan kurikulum. Semua poin indikator standar kompetensi dan kompetensi dasar terpenuhi . Jadi poin indikator untuk mendukung tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah dipenuhi sekitar 100 %. Ditinjau dari pengembangan materi berdasarkan prinsip-prinsip CTl, maka diperoleh buku Erlangga telah memenuhi kriteria sekitar 25 %. Ini menunjukan buku belum mempertimbangkan prinsip CTL dalam menyajikan materi. Materi yang dianalisis pada buku yang diteliti terdiri dari 5 bab pokok bahasan yaitu Faktorisasi suku aljabar, Fungsi, Persamaan Garis lurus, Sistem persamaan linier dengan dua variabel dan Dalil pythagoras.Urutan penyajian materi pada buku yang diteliti mengikuti teori elaborasi. Hubungan antar bab (4 bab pertama) saling berkaitan demikian juga hubungan sub bab dengan bab pokok bahasan setiap bab. Sesuai dengan teori elaborasi materi prasyarat harus disajikan terlebih dahulu sebelum mempelajari materi tertentu. Dari buku yang diteliti, diperoleh 2 materi yang tidak ada materi prasyaratnya. Materi tersebut merupakan contoh soal dan materi prasyaratnya ada pada halaman berikutnya. Pada buku yang diteliti ditemukan kesalahan-kesalahan dari segi materi yang tidak sesuai dengan perkembangan intelektual siswa dan kesalahan pengetikan. Sedangkan kesalahan konsep tidak ditemukan. Kesalahan-kesalahan ini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:43
Last Modified: 29 Nov 2013 11:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item