UPAYA PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA CABANG BENGKULU

Devit R, Repsun and Ganefi, Ganefi and Edytiawarman, Edytiawarman (2009) UPAYA PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Hukum UNIB.

[img] Text
Repsun Devit R.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan perumahan bagi masyarakat mempunyai arti yang cukup penting dalam peningkatan kualitas kehidupan rakyat agar tercipta suasana kerukunan hidup keluarga dan kesetiakawanan sosial. Salah satu lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengemban tugas dibidang pembiayaan perumahan tersebut adalah Bank Tabungan Negara sebagai bank umum dengan fokus bisnis pembiayaan perumahan melalui KPR-BTN. Dalam praktiknya walaupun pengembang dan bank pemberi KPR telah melakukan prosedur dalam pemberian KPR namun masih dapat terjadi debitur yang kreditnya bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penyelesaian kredit bermasalah pada Bank Tabungan Negara Cabang Bengkulu dalam hal ini merupakan debitur yang berasal dari dua perusahaan pengembang perumahan di Kota Bengkulu yaitu PT. Areka Yoyon Putera dan PT. Ahsani Karya. Untuk menentukan sampel penulis menggunakan metode purposive sampling yaitu “sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan/penelitian subjektif dari penelitian. Hal ini yang perlu diteliti dengan melakukan pendekatan hukum empiris, yang dimulai dari faktor- faktor penyebab, cara penyelesaian dan hambatan dalam penyelesaian kredit bermasalah tersebut. Hasil penelitian bahwa bukan hanya faktor debitur saja yang berperan dalam timbulnya kredit bermasalah tetapi juga disebabkan faktor pemerintah ataupun faktor kreditur itu sendiri. Langkah- langkah yang bisa ditempuh dalam penyelesaian kredit bermasalah ini baik sesuai dengan kebijakan pemerintah ataupun kebijakan bank pemberi kredit atau secara litigasi maupun non-litigasi. Pada dasarnya baik kreditur maupun debitur lebih memilih penyelesaian secara personal, namun dalam pelaksanaannya seringkali ditemui hambatan dalam penyelesaian kredit bermasalah tersebut. Ini semua berkaitan dengan sumber daya manusia yang memang banyak kekurangan di sana-sini, itikad baik pihak-pihak yang terkait juga dibutuhkan sehingga dicapainya penyelesaian yang saling menguntungkan dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 13:16
Last Modified: 29 Nov 2013 13:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item